Ada Apple di Smartphone 3D Google

KOMPAS.com - Project Tango, smartphone 3D yang dikembangkan Google ternyata menggunakan teknologi milik Apple. Project Tango menggunakan chip dengan sistem imaging 3D, PrimeSense Capri PS1200.

PrimeSense sendiri adalah perusahaan produsen hardware 3D yang digunakan oleh konsol game Xbox One, yaitu Kinect. Apple mengakuisisi PrimeSense pada akhir tahun 2013 lalu.

Nampaknya, Google selangkah lebih depan dari Apple dalam mengimplementasikan teknologi itu.

Terungkapnya chip 3D buatan PrimeSense itu pertama kali dilaporkan oleh iFixit, yang mempreteli Project Tango untuk mengetahui komponen apa saja yang ada di dalamnya.
Project Tango menjadi proyek pertama Google untuk mewujudkan smartphone yang bisa merasakan sekelilingnya, dengan menanamkan sensor 3D.

Dengan kemampuan mendeteksi obyek-obyek di sekelilingnya, Project Tango diharapkan bisa dijadikan sebagai perangkat pemandu navigasi, dimensi, dan pemetaan lingkungan.
Project Tango bekerja layaknya sensor Microsoft Kinect, yaitu dengan menampilkan deretan titik-titik sebagai parameter untuk sensor inframerah dalam menentukan suatu obyek, untuk membuat pemetaan tiga dimensi.

Project Tango juga mengandalkan empat kamera terpisah untuk melihat obyek-obyek yang ada di sekelilingnya, selain chip 3d Capri dan vision co-processor Myriad.
Menurut Mac Rumors (16/4/2014), Google juga berencana menggunakan teknologi 3D di smartphone-nya itu untuk membuat game augmented reality yang impresif, serta aplikasi yang menggabungkan dunia nyata dan digital.

Related Posts:

0 Response to "Ada Apple di Smartphone 3D Google"

Post a Comment