Nokia Dibeli Microsoft, Stephen Elop Dapat Rp 380 Miliar

KOMPAS.com - Mantan CEO Nokia Stephen Elop akan mendapatkan insentif sebesar 33,4 juta dollar AS (atau sekitar Rp 380 miliar) dalam bentuk tunai dan saham, setelah Microsoft menyelesaikan pembayaran membeli unit bisnis ponsel dan layanan Nokia pada April lalu.

Seperti dikutip dari Reuters, insentif yang diterima Elop ini lebih tinggi dari yang dijanjikan sebelumnya, yakni 25 juta dollar AS, karena harga saham Nokia mengalami kenaikan.

Uang bonus yang diterima Elop sempat mengundang kontroversi di tengah masyarakat Finlandia pada akhir 2013. Mereka marah karena melihat eksekutif asing menerima uang bonus dengan menjual unit bisnis penting Nokia, sebuah perusahaan yang begitu melegenda dan memiliki nilai sejarah di Finlandia.

Perdana Menteri Finlandia, Jyrki Katainen, turut berkomentar bahwa mekanisme insentif perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia ternyata sedemikian luar biasanya sehingga tidak dapat dimengerti oleh akal sehat.

Sementara itu, Menteri Keuangan Finlandia, Jutta Urpilainen menambahkan bahwa bonus Elop telah menciptakan "atmosfir beracun yang mengancam keharmonisan sosial."

Untuk meredam kemarahan publik Finlandia, Nokia meminta agar Elop menerima uang bonus dengan nilai lebih kecil.

Namun, menurut laporan surat kabar Finlandia, Helsingin Sanomat, Elop menolak permintaan Nokia karena dia akan bercerai dan istrinya meminta bagian dari bonus yang diterimanya itu.

Setelah Microsoft menyelesaikan transaksi akuisisi pada April 2014, Elop meninggalkan Grup Nokia dan kembali bekerja untuk Microsoft sebagai kepala wakil presiden bisnis perangkat, yang juga bertanggung jawab atas perangkat konsol game Xbox, tablet Surface, hingga aksesori.

Microsoft harus merogoh kocek 5 miliar dollar AS untuk mengakuisisi unit bisnis perangkat dan layanan Nokia. Sementara itu, untuk lisensi paten Nokia, Microsoft mengeluarkan uang sebesar 2,2 miliar dollar AS. Total dana yang dihabiskan oleh Microsoft adalah 7,2 miliar dollar AS. Kini nama perusahaan Nokia berubah menjadi Microsoft Mobile.

Elop, yang bergabung di Nokia pada September 2010, adalah seorang berkebangsaan Kanada. Ia adalah CEO Nokia pertama yang bukan warga negara Finlandia.

Selanjutnya posisi CEO di Grup Nokia diduduki oleh Rajeev Suri. Grup Nokia, yang berkantor pusat di Finlandia, akan melanjutkan hidup sebagai perusahaan yang berkonsentrasi di tiga area bisnis: layanan peta digital dan lokasi (Nokia Here), pengembangan teknologi dan lisensi paten (Advanced Technologies), serta infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi (Nokia Solutions and Networks).
Sumber: Reuters
Editor: Reza Wahyudi

Related Posts:

0 Response to "Nokia Dibeli Microsoft, Stephen Elop Dapat Rp 380 Miliar"

Post a Comment