Obama Bakal Ganti BlackBerry dengan Android?

KOMPAS.com - Tidak lama lagi, Presiden Amerika Serikat Barack Obama bisa saja mengucapkan "selamat tinggal" kepada perangkat BlackBerry yang telah digunakannya beberapa tahun belakangan ini. Sebagai gantinya, ia, mungkin, akan diberikan ponsel pintar berbasis Android. 

Media Wall Street Journal melansir sebuah informasi dari sebuah sumber yang menyatakan bahwa saat ini pihak Gedung Putih sedang menguji berbagai ponsel pintar dengan sistem operasi Android buatan Samsung dan LG untuk kepentingan internal.

Perangkat tersebut diuji oleh tim internal teknologi Gedung Putih dan Agensi Komunikasi Gedung Putih, sebuah unit militer yang bertanggung jawab atas keperluan komunikasi Obama. 

"Kami dapat mengonfirmasikan bahwa Agensi Komunikasi Gedung Putih, konsisten dengan seluruh Departemen Pertahanan AS, menguji coba dan menggunakan berbagai perangkat mobile," kata seorang juru bicara Departemen Keamanan.

Akan tetapi, masih menurut sang sumber, pengujian ponsel pintar dari LG dan Samsung tersebut masih dalam tahap awal. Butuh waktu berbulan-bulan bagi pihak Gedung Putih sebelum akhirnya mengizinkan Obama untuk menggunakan ponsel tersebut.

Pun demikian, tidak dijelaskan apa yang akan terjadi jika ponsel-ponsel buatan LG dan Samsung tersebut tidak lolos pengujian. Bisa saja, Obama akan tetap menggunakan BlackBerry hingga masa jabatannya berakhir pada tahun 2016 mendatang atau pihak Gedung Putih menguji perangkat lainnya.

Akhir tahun lalu, Obama sempat curhat kepada beberapa media AS. Ia membeberkan bahwa saat itu tidak diizinkan menggunakan smartphone besutan Apple, iPhone.

Obama harus tetap menggunakan BlackBerry karena faktor keamanan. Sekadar gambaran, perangkat BlackBerry memang dikenal memiliki enkripsi keamanan yang kuat. Pemerintah AS mengandalkan perangkat buatan perusahaan asal Kanada tersebut untuk para pejabat kelas atasnya.

Obama sendiri diketahui memiliki produk buatan Apple lainnya, yaitu tablet iPad. Obama menggunakan perangkat tersebut untuk membaca berita dan berselancar di dunia maya.

Related Posts:

0 Response to "Obama Bakal Ganti BlackBerry dengan Android?"

Post a Comment